Wednesday, May 27, 2009

BERLAGAK JADI KOMENTATOR

Hmm, gw nulis blog ini kira2 2 jam sebelum kick-off Champions League Final 2008/2009 antara Manchester United (MU) vs Barcelona (BARCA). Lumayan lah buat ngabisin waktu sembari nunggu kick-offnya.

Oke, kita semua tau kalo final dari Champions League musim ini mempertemukan dua tim yang boleh dibilang adalah tim terbaik di Eropa -atau bahkan dunia- saat ini. Dari segi prestasi, kedua tim musim ini berhasil buat jadi yang terbaik di liga masing-masin. Barca berhasil merebut juara liga dari Real Madrid di Liga Spanyol, sementara MU berhasil mempertahankan juara liga Inggris dari musim kemarin.

Sekarang, gw mencoba untuk menganalisis kekuatan dari masing-masing tim.

MANCHESTER UNITED FC
Musim ini, MU menjadi kekuatan yang tak terbantahkan dominasinya di berbagai kejuaraan yang mereka ikuti. Sampai saat ini -sebelum final champions league- MU udah berhasil ngerebut 3 piala di 3 ajang yang berbeda, yaitu Piala Carling, Piala Dunia Antar-klub, dan Piala Premiere League.

Apa yang membuat MU begitu berjaya musim ini?

Yang pertama bisa kita lihat dari komposisi pemain inti tim. Tim inti MU musim ini merupakan tim yang amat solid. Tim saat ini merupakan gabungan dari pemain senior yang sarat pengalaman, seperti Ryan Giggs dan Paul Scholes, dan juga pemain muda yang haus kemenangan seperti Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney. Gabungan dari pengalaman dan semangat inilah yang membuat MU menjadi kekuatan utama sepak bola dunia saat ini. Pemain dalam tim inti MU-pun memiliki skill rata-rata yang tak jauh berbeda. Sebut saja seperti Nani yang semakin sering diberi kesempatan untuk bermain menggantikan Giggs yang sudah semakin tua. Kesempatan ini tak disia-siakan Nani dan permainannya pun boleh dibilang tidak terlalu mengecewakan.

Yang kedua bisa kita lihat dari segi pelatih. Pelatih MU, Sir Alex Ferguson, tentu sudah amat kenyang dalam pengalaman strategi untuk meraih kemenangan dalam kejuaraan. Strategi-strategi yang diterapkannya kerap kali amat jitu dan menghasilkan kemenangan bagi MU. Ingat strategi yang ia terapkan waktu bermain melawan Arsenal pada babak semifinal. Ia mendorong tim-nya untuk terus aktif menyerang sampai akhirnya dapat unggul 4-1 dalam agregat keseluruhan.

Yang ketiga bisa kita lihat dari permainan. MU dikenal sebagai tim dengan permainan yang efektif. Lini pertahanan dan penyerang dalam tim ini bisa dibilang sama baiknya. Bahkan, dalam urusan pertahanan, MU bisa dibilang salah satu yang terbaik. Ingat bagaimana van der Sar berhasil membuat gawang MU tetap perawan selama 14 pertandingan musim ini. Sebuah rekor yang luar biasa! Dalam urusan menyerangpun MU tak kalah hebat. MU dapat mencetak gol dalam berbagai situasi. Serangan balik menjadi salah satu andalan MU dalam mencetak gol. Ingat bagaimana Ronaldo mencetak gol keduanya ke gawang Almunia saat MU bertemu dengan Arsenal di semifinal. Selain itu, pelanggaran dan kesalahan kecil dari lawan pun dapat dimaksimalkan MU untuk menjadi sebuah gol. Ingat saat Rooney mencetak gol ke gawang Porto yang berawal dari keteledoran bek lawan dalam mengoper bola ke kiper.


FC BARCELONA
Tim dari daerah Catalan di Spanyol ini boleh dibilang merupakan tim dengan karakter menyerang yang paling impresif saat ini. Tim dengan julukan Azulgrana ini juga telah berhasil merebut dua piala musim ini, yaitu Piala Raja dan Piala La Liga Primera Espana.

Apa yang menjadi kunci sukses Barca musim ini?

Yang pertama kita akan analisis dari pemain tim. Barca merupakan tim yang diisi oleh pemain-pemain menyerang yang terbaik di dunia. Di Nou Camp, markas Barca, bercokol nama-nama besar seperti Samuel Eto'o, Thierry Henry, Andres Iniesta, Xavi Hernadez, dan juga Lionel Messi. Nama-nama tersebut merupakan nama-nama yang disegani karena memiliki skill yang lebih dari cukup untuk membobol gawang lawan. Jangan lupa juga dengan Carles Puyol, Eric Abidal, dan Dani Alves yang selalu siap siaga dalam menjaga daerah pertahanan dari serangan lawan. Bisa dibilang pemain-pemain dalam tim ini memiliki kemampuan menyerang dan bertahan yang sama baiknya, walaupun yang lebih menonjol adalah permainan meyerangnya.

Yang kedua dari segi pelatih. Pelatih Barca saat ini, Josep Guardiola, merupakan muka baru dalam dunia pelatih klub di dunia saat ini. Sampai saat ditunjuk sebagai pelatih tim utama Barcelona pada Juli 2008 lalu, praktis ia tak mempunyai pengalaman melatih tim-tim besar. Ia hanya pernah melatih di tim junior Barca. Namun, minim pengalaman bukan berarti minim kemampuan. Strategi-strategi yang ia terapkan terbukti ampuh dalam melumpuhkan lawan-lawan Barca. Merebut Piala La Liga dari tangan Real Madrid walaupun dengan langkah awal yang terseok2 di awal musim menunjukkan bagaimana piawainya Pep Guardiola dalam meracik timnya.

Dari segi permainan tim, tak perlu diragukan lagi bahwa Barca adalah tim yang menganut permainan menyerang total. Dengan trio penyerang (Messi-Eto'o-Henry) dan duet gelandang (Iniesta-Xavi) yang diberkahi dengan skill melimpah, Barca menjelma menjadi tim dengan mesin gol yang paling produktif saat ini. Di liga Spanyol saja, Barca mencetak lebih dari 100 gol musim ini. Kalau itu masih belum cukup sebagai bukti ketajaman mereka, ingat lagi saat Barca melumat Bayern Munchen di perempat final champions league musim ini. Lebih berbahaya lagi, Barca dapat mencetak gol baik dari permainan tim maupun dari permainan individu. Tak terhitung berapa banyak gol yang tercipta dari liukan dan tarian Lionel Messi saat membawa bola.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

PREDIKSI FINAL NANTI

Dari analisis kekuatan kedua tim diatas, dapat diperkirakan Barca akan tampil menyerang secara all-out seperti yang mereka pertontonkan kala melawan Chelsea di semifinal. Mereka cukup percaya diri dengan kekuatan gedoran mereka yang didukung oleh Messi-Eto'o-dan Henry. Sementara itu di sisi lain, MU kemungkinan besar akan berhati-hati dalam pertandingan nanti. Mereka mencoba untuk meraih angka lebih dulu dari Barca dan mempertahankan keunggulan yang mereka dapat sampai akhir pertandingan. Serangan MU kemungkinan besar merupakan serangan-serangan balik dari pinggir lapangan dan mencoba memanfaatkan kelemahan lini belakang Barca yang tidak diperkuat oleh Dani Alves dan Eric Abidal. Bentrok antara Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi pun menarik untuk disaksikan. Ini seperti ajang pembuktian tentang siapa yang lebih layak menjadi pemain terbaik dunia saat ini. Hasil akhir pertandingam kemungkinan berupa kemenangan dengan skor tipis atau kemenangan dari adu penalti.

Dan ini dia dua tim yang bakal berlaga nanti:


No comments:

Post a Comment