Sunday, July 19, 2009

Gw dan Musik

Ehm..
Postingan lagi di tengah-tengah bulan Juli ini. Di tengah-tengah kebosanan yang menghebat kare
na di tinggal sendiri di rumah sementara bapak, ibu, dan kakak semuanya pergi ke Jogja karena ada urusan keluarga. Kebosanan makin menghebat karena sms yang gw kirim ke beberapa orang sampe sekarang belom dibales, padahal hal yang gw tanyain penting.

Bosan. Yak, bosan. Seperti biasa, kalo bosan di rumah gw pasti langsung ke depan komputer gw dan mendengarkan musik yang sesuai dengan suasana hati gw. Yah, hidup gw pasti se
pi banget kalo ga ada musik.

Eniwei, musik buat gw bukan
cuma suatu hal yang enak buat di dengarkan. Dari dulu gw selalu kepengen buat belajar musik.

Awalnya gw cuma pengen be
lajar main alat musik. Dulu, gw sempet nge-rengek2 sama bapak dan ibu buat di-lesin alat musik. Apapun alatnya ga penting, yang jelas gw kepengen bisa main alat musik. Yah, keinginan gw itu sampe sekarang enggak terpenuhi. Gw ga pernah di-lesin alat musik sama kedua orang tua gw. Tapi, paling enggak mereka beliin gw satu gitar kopong (waktu smp), satu gitar elektrik+amplinya (waktu sma), dan satu keyboard (juga waktu sma). Jadilah gw belajar gitar secara otodidak dan sampe sekarang hasilnya ga terlalu mengecewakan. Paling ga gw bisa gonjrang-ganjreng lah buat ngiringin orang lain nyanyi.. :D Buat keyboard, gw udah mati-matian belajar maininnya, tapi entah kenapa sampe sekarang gw ga bisa sama sekali buat maininnya.

Waktu
berjalan, setelah gw bisa main gitar gw mulai tertarik sama sudaranya gitar yang bersenar empat. Yap, setelah bisa main gitar gw bermain bass. Hal ini tentu karena gw nge-fans sekali sama TETSUYA OGAWA. Selain itu, kenapa gw suka main bass adalah karena menurut gw main bass itu jauh lebih keren daripada main gitar. Sebagai pemain bass, lo di tuntut untuk bisa mengisi lagu, membangun ritme lagu, dan menjaga tempo lagu.

Sekarang, pas gw udah kenal dengan marching band, gw mulai untuk belajar alat tiup logam (bahasa kerennya brass). Entah kebetulan atau enggak, yang jelas saat ini gw bermain sebagai pemain bariton yang mana fungsinya ga jauh beda sama bassis kalo di band. Walaupun terkadang gw memiliki obsesi untuk main alat lain (snare drum) tapi toh gw semakin hari semakin suka main bariton. Dan gw merasa ga terlalu bakat buat main snare drum yang harus bisa ngejaga tempo lagu.

Tadi gw bilang di atas kalo awalnya gw cuman pengen belajar main alat musik. Nah, sekarang setelah gw bisa memainkan beberapa alat musik, gw mulai berpikir "what if I can make my own music?" Yes, gw mulai berpikir untuk membuat musik. Tapi tentu bukan musik macem band-band biasa. Gw pengen bikin musik yang jauh lebih complicated dari musik2 band biasa. Saat ini gw pengen bikin musik buat marching band, tapi suatu saat nanti gw pengen juga bisa bikin musik buat orkestra. :D

Gw tau emang belajar buat bikin musik pasti jauh lebih berat daripada sekedar belajar main alat musik. Banyak hal yang mesti diperhatiin waktu bikin musik. Melodi, kontra-melodi, akord, ritmik, birama, tempo, dan masiiiiiiiiiiihhh banyak lagi. Bahkan emosi dalam lagu juga harus lo perhatiin. Tapi apapun itu, toh gw tetep semangat buat belajar bikin musik. Nyatanya sekarang gw betah ada di depan komputer buat bikin lagu pake FINALE (software bikin lagu). Selama itu juga gw betah mangkuin keyboard buat sekedar cek not.

Ya, musik begitu menarik perhatian gw. Bahkan terkadang gw kepengen buat milih musik sebagai jalan hidup gw. Entah itu bakal kejadian nantinya atau enggak gw gatau. Buat gw itu semua urusan nanti. Yang jelas cuman satu hal.. gw suka sama musik.. :D

No comments:

Post a Comment