Monday, July 20, 2009

B O H O N G

Satu hal lagi hinggap di kepala gw sekarang sampe akhirnya gw berada di depan komputer lagi dan menulis entri baru.

Jadi begini, semalem gw mengalami serangan 'susah tidur' kembali dan gw mengucapkan terima kasih yang amat banyak kepada dua orang teman gw yang udah menemani gw melewati serangan itu. Satu orang menemani gw sampe jam satu dan satu orang lagi sedikit lebih lama, sampe jam dua. Karena gw ga enak kalo mengganggu mereka, gw memutuskan buat bilang 'gw tidur dulu ya' walaupun sebenernya gw enggak bisa tidur sampe jam setengah empat pagi tadi.

Bohong!

Yes, dari cerita diatas jelas gw berbohong kepada dua temen gw dengan ngomong 'gue tidur dulu' padahal gw ga tidur. Tapi itu gw lakuin karena emang gw ga mau nge-ganggu waktu mereka istirahat (salah satu dari mereka emang ga ngantuk sih karena dia emang lagi belajar). Intinya itu gw lakuin karena gw ga mau nge-ganggu mereka.

Setelah itu
gw berpikir, salahkah gw?

Gw tau gw emang berbohong. Tapi, maksud gw kan ga jelek -walaupun ga baik2 amat sih-. Beda kalo misalkan gw bohong buat nyembunyiin sesuatu atau buat menipu orang. Kebohongan gw tadi juga ga merugikan siapa pun. Jadi, salahkah gw?

Gimana kalo orang lain? Apa berbohong demi sesuatu yang
baik itu salah?

Contoh satu:
Lo lagi ngerjain tugas kelompok, terus lo dapet bagian yang ga lo kuasain. Ketua kelompok lo nawarin bantuan, tapi lo tau kalo bagian yang dia kerjain tuh lebih susah dari punya lo dan karena itu lo menolak bantuan dia. Lo ga mau nambahin beban dia. Lo bilang "gw, bisa kok ngerjain ini sendiri."

Bohong. Alasannya? Baik tuh, lo ga mau nambahin beban orang lain.

Contoh dua:
Ada seorang anak kecil (ya tarolah anak SD kelas 2) yang kerjaannya maaaaaiiiiinn terus, bahkan sampai lewat maghrib. Orang tuanya berusaha buat ngingetin dia supaya ga main terus. Tapi anaknya kelewat batu sampe-sampe orang tuanya bingung. Satu-satunya cara supaya tuh anak jadi nurut adalah dengan b
ilang "adek awas lho, kalo ga nurut sama papa dan mama nanti dimakan sama monster"

Bohong. Alasannya juga baik, kalo ga diingetin gitu bisa2 anaknya jadi berandal.

Jadi, salahkah bohong demi sesuatu yang baik?

Hmmm..tentu jujur lebih baik daripada bohong. Agama gw juga ngajarin "katakanlah yang sebenarnya walaupun itu menyakitkan." Jadi sebisa mungkin cobalah untuk jujur. Tapi, dikala lo berada dalam certain conditions yang memaksa lo buat berbohong, ya berbohong lah.

Kenapa gw bilang berbohonglah? Bukannya berbohong itu salah? Bukannya itu dapet dosa?

Ya, gw tau emang bohong itu salah. Gw tau emang bohong itu dosa. Idealnya pun lo harusnya jujur. Tapi, pikiran gw semalem mengatakan:
"Manusia kan emang ga bisa lepas dari salah. Nabi Muhammad pun pernah salah sehingga dia langsung di tegur oleh Allah. Lebih dari itu, manusia pun tempatnya dosa. Realitasnya, seberapa jauh pun lo berusaha lepas dari dosa, lo ga akan pernah bisa lepas dari dosa sepenuhnya. Jadi, ya gapapa bohong demi kebaikan. Kalaupun dosa, biar Allah yang nentuin seberapa berat dosanya itu."
Hehe, gw tau pikiran gw mungkin salah. Tapi ya begitulah paling ga yang ada dalam pikiran gw, pemuda yang sedang mencari kebenaran dan jati diri ini *alah! Gw cuman berpikir atas kenyataan yang ada. Pesan gw cuman satu, usaha buat jujur dulu, kalo ga bisa baru bohong.

I'm sorry if I've mistakes. :D

No comments:

Post a Comment